nfo Dunia Militer

Mengintip Primadona Bursa Transfer Januari

INFO IKUT IKUTAN

Bursa transfer musim dingin telah resmi dibuka per 1-31 Januari 2012. Sejumlah klub pun mulai terjun ke lantai bursa demi memilah-milah pemain yang berguna untuk memperkuat skuad. Siapa primadona transfer di musim dingin ini?

Sejak dibuka mulai 1 Januari, sejumlah klub langsung memanfaatkannya dengan merekrut sejumlah pemain. Skema pinjam dengan opsi permanen di akhir musim menjadi salah satu strategi yang paling banyak digunakan klub pada bursa transfer tengah musim ini. Juventus merupakan salah satu klub yang menggunakan skema tersebut untuk memboyong Marco Borriello dari AS Roma.

Selain Juventus, Manchester United juga sudah melakukan pergerakan. Namun skuad arahan Sir Alex Ferguson belum membeli pemain, melainkan melepas pemainnya. Striker muda Federico Macheda kembali dipinjamkan Sir Alex ke klub lain. Kali ini, Queens Park Rangers (QPR) menjadi klub di mana Kiko -sapaan akrab Macheda- menimba pengalaman.

Masih dari ranah Inggris, Arsenal juga telah merampungkan negosiasi terkait peminjaman mantan ikon mereka Thierry Henry. Kubu The Gunners telah mendapatkan persetujuan dari New York Red Bulls untuk meminjam jasa Henry hingga Maret mendatang. Kebetulan, selama tiga bulan tersebut kompetisi MLS tengah libur.

Yang paling membuat heboh tentunya langkah mengejutkan yang diambil Nicolas Anelka yang setuju bermain di klub China, Shanghai Shenhua. Striker veteran Chelsea ini memilih berlabuh di Shanghai Shenhua karena kesal tidak mendapatkan tempat dalam skuad Chesea besutan Andre Villas Boas. Selain itu, Anelka juga terbujuk rayuan Shanghai yang berani membayarnya 200 ribu poundsterling per pekan (lebih tinggi dari gaji yang diterimanya di Chelsea).

Selain nama-nama pemain yang telah mendapatkan pelabuhan baru, sejumlah besar pemain masih menunggu dipinang klub. Salah satu pemain yang tengah jadi sorotan utama publik dunia adalah striker Manchester City, Carlos Tevez.

Sejak menolak bermain saat City berhadapan dengan Bayern Munich di Liga Champions, masa depan Tevez di City dipastikan sudah habis. Selain dihukum dibekukan dari skuad, Tevez juga tak lagi masuk dalam rencana pelatih Roberto Mancini yang terang-terangan mengatakan dirinya tidak akan pernah memainkan Tevez selama dirinya masih jadi pelatih The Citizens.

Pintu keluar pun dibuka lebar manajemen The Skyblues. Kondisi ini sontak membuat banyak tim antre untuk mengamankan jasa Tevez. AC Milan, Paris Saint Germain, Corinthians hingga Inter Milan mulai melakukan pendekatan. Namun, sejauh ini Milan berada di urutan paling depan untuk mendapatkan bomber berjuluk Apache ini.

Sayang, keinginan Milan mendapatkan Tevez belum bisa terwujud lantaran masih terbentur negosiasi. Milan diketahui mengajukan proposal peminjaman dengan opsi permanen di akhir musim. Namun, manajemen The Citizens tidak sepakat. Mereka hanya bersedia melepas Tevez secara pemanen, alias dengan status jual. Hingga kini, proses kepindahan Tevez masih abu-abu.

Selain dihubungkan dengan Tevez, Milan jjuga tengah diterpa kabar tidak sedap dengan isu bakal hengkangnya Alexandre Pato. Ya, belakangan ini bomber muda Brasil tersebut ramai diisukan bakal meninggalkan Milanello karena tidak harmonis dengan sang pelatih Massimiliano Allegri.

Klub Prancis Paris Saint Germain (PSG) disebut-sebut sebagai klub yang paling berminat mendapatkan jasa Pato. Direktur sepakbola Leonardo Araujo dan Carlo Ancelotti yang baru diangkat sebagai pelatih, menjadi sosok yang mendorong manajemen klub untuk menyiapkan dana sekira 50 juta euro untuk memboyong bomber berjuluk Si Bebek ini. Diketahui, Leonardo dan Ancelotti merupakan sosok utama dibalik kepindahan Pato ke Milan dari Internacional pada 2007 lalu.

Jauh sebelum publik ramai membicarakan masa depan Tevez dan Pato, ada satu pemain yang sempat mencuri perhatian dunia. Ya, dialah bintang masa depan Brasil, Neymar da Silva. Sejak musim lalu, Neymar memang ramai diisukan bakal meninggalkan klubnya Santos. Namun, saat itu bomber 19 tahun memilih tetap bertahan demi bermain melawan Barcelona di ajang Piala Dunia Antarklub 2011, Desember kemarin.

Kini, setelah keinginannya (melawan Barca dengan Lionel Messi-nya) terpenuhi, Neymar pun mulai mempertimbangkan semua opsi yang datang. Proposal dari sejumlah klub elite Eropa yang datang, mulai dipelajari kubu Santos demi mendapatkan harga yang dianggap paling setimpal.

Sejauh ini, dua raksasa Spanyol Real Madrid dan Barcelona disebut-sebut menjadi klub yang paling berpeluang mendapatkan tanda tangan striker internasional Brasil tersebut. Kubu Madrid bahkan diisukan siap menggelontorkan dana besar untuk membawa Neymar ke Santiago Bernabeu. Namun seiring berjalannya waktu, kini klub kaya asal Inggris, Chelsea juga menyatakan diri siap bersaing mendapatkan Neymar. Harga Neymar diperkirakan berkisar 35-50 juta euro.

Neymar, Tevez dan Pato hanyalah sebagian dari banyak kisah atau rumor yang jadi primadona di bursa transfer musim dingin ini. Namun, yang patut jadi perhatian, setiap klub harus berpikir bijak dalam menentukan kebijakannya dalam membeli pemain. Jangan sampai, mereka merekrut pemain yang pada akhirnya hanya berujung sia-sia dan merugikan klub tersebut.

Apalagi, mulai musim depan UEFA bakal menerapkan regulasi “Financial Fair Play”, suatu kebijakan di mana setiap klub tidak bisa lagi menghamburkan uang lebih besar ketimbang pendapatan mereka. (acf)

0 Comments:

Post a Comment